My Precious Daughter

Lilypie - Personal pictureLilypie Second Birthday tickers

Thursday, October 16, 2008

Nasi Ayam Hainam ala Susy :))

Kemarin buat pertama kalinya (mudah2an juga untuk yg terakhir kalinya) sejak aku mulai dapet "Morningsick", aku bener2 "sick". Jeez... selama ini paling mual2nya doang, kemarin bener2 deh, keluar semua isi sarapan pagi. Malc panik, aku seh cuek aja, cuma emang asli sempet shock bentar & agak lemes, tapi gak mo nunjukin ke Malc. Soalnya kita udah rencana mo keluar, mo nyari gorden biar rumah keliatan menarik aja kalo jadi kita jual & nyari bumbu2 di toko asia, aku gak mau aja cuma gara2 mual terus rencana batal semua. Agak tenangan dari shock, aku tetep, seperti biasa, nyanyi2 terus dgn suara sumbangku, hahaha.... Akhirnya kita keluar & yg dicari dapet juga.
Pulang rumah, abis makan siang (makan siangnya bakpao, beli di toko asia, hahahaha) aku tiduran dikit, pertama kalinya nih tidur siang sejak nyampe di NZ. Gak bisa tidur beneran sih sebetulnya, tapi maksain aja, soalnya rasanya kok capek banget ya, padahal gak ngapa2in juga. Malc biarin aku tidur, dia nyuci mobil & bersihin driveway dari jamur2 dkk, biar keliatan bagus tambah bagus aja (sesuai anjuran si agen real estate). 1 jam tiduran, kok yg kepikiran makanan mulu ya?? Dari siomay Bandung, batagor, bakso abang2 (terutama yg isinya telur tuh), aduh... sampe ngiler nih ngetik2, hahahaha... sampe masakan Manado, akhirnya yg terakhir nasi hainam. Aku langsung bangun aja, sambil mikir2, mo bikin siomay, batagor or bakso, agak susah, bahan nya gak ada semua di rumah & ribet. Makanan Manado, pedes semua, sementara si Malc gak bisa makan pedes, lagi males aja seh kalo mesti masak 2x, buat aku & buat Malc, pengen masak sekali aja & yg gak ribet. Akhirnya ke dapur, liat bahan yg ada, ternyata semua bahan buat nasi hainam ada tuh. Akhirnya ulailah aku marinade si paha ayam ama jahe & kecap ikan. Dibiarin 1 jam sambil nonton mas Malcolm bersihin driveway. Abis itu rebus air, udah mendidih, masukin ayamnya di air rebusan itu terus ditambah kecap ikan & garam secukupnya, biarin mendidih lagi, apinya aku kecilin, biarin terus sampe ayamnya matang. Pas udah mo matang aku masukin daun bawang yg udah dipotong2. Ayamnya diangkat, rendam di air es bentar, biar gak ancur aja. Langsung diangkat & tiriskan, terus di marinade lagi ama kecap ikan & minyak wijen.
Abis itu aku numis bawang putih & jahe, udah wangi, aku masukin beras yg udah dicuci bersih, pake api kecil aja sih, tambahin lagi kecap ikan & minyak wijen. Udah gitu nasi dimasukin rice cooker, tapi masaknya gak pake airt biasa, pake air kaldu yg dr rebusan ayam tadi.
Udah deh, jadi nasi ayam hainam ala Susy ;) Gak ribet kan? Aku numis sayuran juga biar ada sayur2nya dikit. Terus buat sambelnya, cabe yg di-iris2 kecil, dimasukin di kecap ikan. Ama air kaldunya juga ditaro buat pelengkap.



Ternyata Malc suka banget, selama ini dia taunya soalnya cuma nasi putih, nasi uduk, nasi goreng & nasi kuning.

Langsung deh dia ngomong abis makan malam, boleh juga sering2 tidur siang kalo hasilnya masakan yg enak, huahahahahahahahaha..... Si Mas Malcolm bisa aja ya... gak tau apa, itu karna istrinya lagi ngidam berat & gak mungkin beli makanan Indo di sini :))

5 comments:

Unknown said...

YES..akhirnya elo bikin blog ttg resep2 masakan elo. G dah dr Hamburg neh tungguin resep2 dr loe..also keep updating ya sus...g kudu blajar masak bgt neeeeeeee.....

Unknown said...

Wah ngidamnya ternyata suka masak. Lucky Malc! :-)

Susy Masengi-Saunders said...

Hahahaha... Son, gw aslinya tuh suka males masukin resep, soalnya biasanya resepnya keinget aja pas lagi masak, kalo abis masak suka lupa lagi gmana caranya. Jd inget dulu di Hamburg sering bikin ayam rica2, sayang mas gw gak bisa makan pedes, gak seru kao gw makan cuma sendirian :))

Ngidamnya seh sebetulnya makanannya Mi, cuma berhubung gak mungkin beli makanannya di sini, jadi dimasak sendiri deh :)

Lesca Boma said...

hebat euy...!!!
keliatannya enak tuh sus ;-)
aku juga kalo bikin nasi hainam kayak gitu. praktis :D

semoga mual2nya berkurang sesudah makan nasi hainam nya yaaa..... :D

btw, kemiri sama lengkuasnya udah dapet? aku juga kalo lagi kepepet suka masak pake bumbu instantnya indofood. cuman biar lebih sedep, suka aku tambahin bawang merah+ putih dan kemiri.

Susy Masengi-Saunders said...

Belum dapet tuh kemiri & lengkuasnya Les, aduuuuhhh... susah banget ya, pdhal yg kayak gitu di Indo termasuk jenis yg paing gampang dicari ya, ga kebayang buat makan yg gampang2 susahnya setengah mati :))