My Precious Daughter

Lilypie - Personal pictureLilypie Second Birthday tickers

Wednesday, October 8, 2008

Ke Dokter

Hari ini aku ke dokter lagi, ke-2 kalinya sejak hamil and seperti biasa ditemenin Malc.
Dua minggu lalu pertama ke dokter, sempet bingung juga kok gak di pegang2 or di apa2in ya? Cuma ditanya2 kalo ada keluhan & kalo kita mo nanya2. Diambil darah seh, buat tes lab, tapi that's it, gak adayg lain2 lagi. Mereka perlu tes darah untuk tau aku punya penyakit gak & apa imun ama yg namanya Rubella.
Puji Tuhan, hasil lab bagus, semua normal, gak ada penyakit, termasuk penyakit kelamin, Hepatitis B, Diabetes, Imun terhadap Rubella & Gol darah O Rhesus Positive, which is very good kata dokternya, karna golongan darah yg umum :D

Oh yea, di NZ kalo hamil gakbisa kayak di Indo or Jerman yg bisa main langsung ke dokter spesialis buat priksa & USG. Di sini kita cuma ke dokter umum doang ato yg biasa dibilang GP di sini. Nanti kl ada masalah selama kehamilan, baru deh dirujuk ke dokter spesialis, tapi kalo nggak ada masalah, sampe melahirkan ya cuma ama GP & Midwife (bidan)... Hhmmm.. pertama denger begitu dari temen2 agak kaget juga, berhubung lain banget ama di Indonesia & Jerman. Tapi kalo emang gitu aturannya, ya mending diikutin aja to? Orang lain gpp kok, masa iya aku takut ama systemnya. Lagian, aku yakin banget ini kan hasil jawaban doaku ke Tuhan, pasti aman deh, asal aku gak neko2 aja.
Untuk Midwife, kita mesti booking jauh2 hari sebelumnya. Hasil nanya ke temen2 & cari2 info, kita dapet kalo midwife dari Merivale Midwives yg termasuk dalam yg terbaik di Christchurch, cuma mereka suka full book, karna aturannya, tiap midwife cuma boleh megang patient melahirkan paling banyak 5 org dlm 1 bln! Akhirnya kita dapet nama dari ponakannya Malcolm yg kebetulan juga lagi hamil. Dia make midwife dari Merivale. Langsung deh kita kontak si bidan. Pertama ngontak, dia lagi ama patientnya, dia cuma nyuruh ninggalin data, nanti dia kontak lagi. Aku iget bange waktu itu hari Jumat, sekitar makan siang. Sampe Senin pagi Malc mo ngantor kita belum dpt kabar dr si bidan. Panik? Iyalah... abis katanya nyari bidan yg free susah. Akhirnya diputusin kalo si bidan gak telpon sampe jam 3 sore, aku bakal ngontak bidan yg lain, hasil rekomendasi dari temen juga. Untung sekitar jam 10 an dia nelpon. Katanya dia selama Oktober cuti, gak di kota, tapi dia bisa trima aku, setelah melakukan pengauran sana sini. Soalnya pertama dia pikir aku due ya April, tau2 pas aku bilang Mei, dia bilang, ntar dia telpon lagi deh, mesti mo nyocokin jadwal lagi. Buset!!! Bidan di sini lain amat ya ama bidan di Indo yg pasti selalu mau trima pasien :))
Untung dia bisa trima aku akhirnya, katanya aku pasien terakhir yg bisa dia trima untk Mei 2009. Tapi baru bisa ketemu pertama buat kontrol tgl 4 November. Nanti bidanyg bakal ngurus semua keperluan kita. Mulai dari ngatur jadwal USG & bikin janji ama rumah sakit buat USG, ngatur jadwal untuk kelas senam melahirkan, bikin waktu buat ketemuan ama sesama bumil yg bakal melahirkan dlm waktu yg kira2 gak beda jauh, biar bisa share gitu deh. Da bida juga yg nanti bakal bantuin kita sampe 6 minggu sesudah melahirkan, ngajarin gimana caranya nyusuin, gendong, mandiin bayi, dll. Wah... pantesan dia gak boleh trima pasien banyak2 ya. Ternyata bidan sini emang lain ya ama bidan di Indo hehehehe.....

Tadi di dokter, dokternya cuma bilang, kalo hasil pap smear gak bagus, aku bakal ditelpon, tapi kalo gak ada apa2, gak ditelpon, cuma kalo mo tau, bisa aja telpon minggu epan buat tau hasilnya. Dan katanya, abis ini udah, gak usah dateng lagi kecuali nanti disuruh ama midwife dateng karna ada masalah. Hah?? Aku & Malc sempet kaget, gitu to..... Jadi semua yg ngurus midwife. Hahahaha... maklum, ini pengalaman pertama buat aku & Malc. Biarpun dia seumur hidup tinggal di sini, dia temasuk org yg jarang ke dokter, jdwaktu mo nyari GP juga susah, karna biasanya GP juga suka penuh, ak mo trima pasien baru & hanya trima yg tinggal di lingkungan seutar tempat prakteknya aja. Untung Steph (istri boss nya Malc) kenal ama GP yg ini & kenal juga ama respsionis nya, jd bisa masuk deh, biarpun Kathy (si GP) sebetulnya udah gak mau trima pasien baru. Walaaaaaahhhh... susah & ribet banget ya di sini, hahahahaha....

Puji Tuhan semua lancar, bisa dapet GP yg baik juga dpt Midwife.
Tinggal nunggu hasil pap smear minggu depan & ketemu Midwife tgl 4 deh.
Doa in ya.... :)

2 comments:

Titut said...

Morning mom coming soon :D, aih aih yang ke dokter ditemenin huby, what a cute couple, btw no need to worry dear gak pake dokter kandungan/spesialis, bener kata sis yang lain no problemo pasti dengan seijinNya sis Susy will be alright.

Temenku di Holland malah ada beberapa yang ngelahirin di rumah, and they all are healthy and baby doing great ;). Aku doain biar kehamilan lancar sampai ngelahirin ya, and hopefully aku bisa visit once baby out ;).

Btw, mampir ya kalo lewat Singapur ntar tak ajak muter2 :D

PS: Due datenya kapan ya?

Susy Masengi-Saunders said...

Iya dong, mesti ditemenin suami kalo menyangkut ke dokter & midwife, ini kan hasil bersama, jadi ditanggung & dijaga sama2 ;)

Thank you banget lho buat bantuan doa nya. U r also in my thoughts & prayer sis!

Menurut dokter due nya 17 Mei 2009, tgl sih biasanya kan berubah ya, tapi seputar bln Mei deh. Mertua ku bilang, mudah2an sebelum tgl 10 Mei, jd aku sempet ngerasain Mother's Day :))

Pasti aku kabarin deh kalo mampir S'Pore kapan2.