My Precious Daughter

Lilypie - Personal pictureLilypie Second Birthday tickers

Thursday, April 9, 2009

Breastfeeding class terakhir & USG mingu ke 34

Hari ini gw & si mas ke breastfeeding class yg terakhir. Hari terakhir ini emang dianjurkan buat bawa suami or partner. Buat ngasih pengetian juga ke mereka soal ASI eksklusif & gimana mereka bisa support si ibu yg menyusui & juga jangan kaget kalo si ibu menyusui kadang2 melow & berubah juga gimana caranya mereka bisa bantuin si ibu menyusui :-D

Hari ke 3 kemarin belajarnya soal manual expressing breastmilk & gimana cara nyimpan ASI yg udah di pump itu (bahasa indonesia gw kok jelek banget ya, abis lucu kayaknya ngomong ASI yg di pompa hahahaha).

Abis dari breastfeeding class, siangnya kita ke St. Georges Hospital buat USG. Sebetulnya kalo gak ada masalah cuma 2x USG selama kehamilan, minggu ke 13 & 20. Tapi karna waktu USG minggu ke 20 placenta gw letaknya di bawah & nutupin jalan lahir nya si baby, gw mesti USG lagi minggu ke 34. Ternyata tadi hasil nya udah ada perubahan, Puji Tuhan! Belum bagus banget seh, soalnya placenta nya masih di bawah, baru 4,8 cm jalan lahir yg kebuka, mestinya minimal 6cm untuk bisa melahirkan secara normal. Lumayan lama tadi di USG, ampir 1 jam, soalnya dari USG biasa gak bisa dipastiin banget, jadi mesti dari dalam juga. Akhirnya ketahuan soal 4,8 cm itu. Jadi dianjurkan nanti minggu ke 36 USG lagi untuk tau apa ada perubahan nggak. Kalo masih tetap di bawah letaknya, kemungkinan besar gw mesti di caesar buat melahirkan. Itu yg namanya placenta praevia (low lying placenta).
Selainnya itu, si Junior letaknya bagus, kepala udah di bawah, beratnya sekitar 2,3 kg & si Junior ternyata is a "chubby wee girl" (pipinya keliatan banget chubby nya) :-) Hehehe... jadi sekarang gw & Malc mulai fokus ke nama2 cewek aja deh. Tadinya kita bikin list nama buat cewek & cowok.
Sekarang tinggal harus lebih banyak lagi berdoa supaya placenta nya bisa naik jadi gw nanti bisa melahirkan normal. Tadinya seh gw gak terlalu keberatan kalo mo caesar, cuma skrg kepikiran, abis caesar 6 minggu gak boleh nyetir dulu, gak boleh kerja2 rumah dulu... walah, Malc kan cuma bakal ambil cuti (parental leave) paling lama 3 minggu, jadi gw gak bisa ke mana2 dong kalo dia ngantor & gak bisa beres2 rumah... susah juga. Sedangkan kalo ormal, abis melahirkan mo langsung nyetir juga boleh aja.

Tapi gw yakin lah, Tuhan membuat segala sesuatu indah pada waktuNya. Dia udah ngasih si Junior ke gw & Malc, Dia juga yg bisa & akan ngangkat si placenta supaya gak di bawah terus posisinya :-)

Thank God for everythinng....

2 comments:

Unknown said...

Selamat ya Sus, baby girl yaaah. Wuiiih, senangnya soalnya bisa didandanin macem2 hehehe.

Susy Masengi-Saunders said...

Danke Mi,
iya.. skrg aja udah mulai beli barang2 nya cewek yg lucu2 & mulai ngumpulin pink :-))