My Precious Daughter

Lilypie - Personal pictureLilypie Second Birthday tickers

Thursday, November 27, 2008

Bahasa Indonesia

Udah 3 hari ini Malcolm belajar bahasa Indonesia. Dia sengaja download 46 lessons dari Learning Indonesian terus semua di upload di hp nya, jadi bisa sewaktu-waktu didengerin tanpa mesti nyalain pc or notebook & connect ke internet.
So far baru 2 lessons yg dipelajari, tiap malam sebelum tidur gw tanya2in & kalo lagi ngobrol & kebetulan ada kata yg udah dipelajari & bisa dimasukin, langsung gw pake.
Sekarang kalo mo tidur dia suka ngomong "Selamat malam sayang", terus kalo bangun tidur "Selamat pagi sayang" hehehe... biarpun logatnya lucu, tapi seneng juga dia mo belajar, soalnya itu inisiatifnya sendiri, gw gak pernah nyuruh.Yang agak susah buat dia pertama waktu mesti bilang "R", tau sendiri kan bule R nya cadel. Gw bilangin, R nya harus kayak "rolled R", akhirnya bisa juga dia, sekarang kalo ngomong kayak "kabar" pasti r nya sengaja dilamain :D
Tapi dia salah ngomong, seringan mo ngomong "apa kabar" jadinya "apa bakar" hahahahahaha, bikin gw ngakak terus jelasin apa artinya bakar, dia ketawa juga. Dia bilang gak tau kenapa selalu ingetnya mulai ama "b" makanya jadi bakar..... aduh, si mas satu ini... :D

Yang lucu juga, dia udah mulai juga belajar goodbye gitu, terus a bebeapa nama makanan yang emang dia udah lama tau, gara2 tiap ke Jakarta dia sering makan "nasi goreng", "bakmi goreng", "nasi uduk", "nasi kuning" ; itu semua makanan favoritnya.
Terus dia latihan, katanya sekarang dia udah bisa dong ke restauran sendiri & mesen. Gw pengen denger, dia bilang pas nyampe bilang selamat siang ato malam gitu, abis itu liat menu, biarpun gak ngerti pesen aja nasi goreng ato bakmi goreng. OK, so far seh kedengeran lumayan meyakinkan.
Waktu gw suruh dia ngomong, gini hasilnya "Selamat siang, satu nasi goreng, terima kasih. Selamat jalan"
Wakakakakakakakak.... bingung kan kenapa pake selamat jalan? Dia bilang supaya orangnya cepetan pergi, jadi cepet masak pesenannya, hahahahaha... aduh, gw sampe sakit perut ketawa
Karena di bahasa Indonesia "goodbye" bisa "selamat tinggal" & "selamat jalan", jadi dia pengen nyoba nempatin di kalimat biar jangan salah mesti selamat jalan malah selamat tinggal ato sebaliknya. Makanya dicobalah ama si mas bule gw di kalimat buat mesen makan tadi :-))

Dia suka bikin catatan gimana cara ngucapinnya, ditulis pake phonetik, biar gampang buat dia katanya. Dia belum mau belajar cara nulis kata2 itu dlm bahasa Indonesia, yg penting dia bisa ngucapin aja dulu. Si mas pengen kalo kita liburan ke Indonesia nanti, biar sedikit dia udah bisa ngomong bahasa Indonesia, gak pengen dibilang sombong & gak mau belajar bahasa Indo. Wah, seneng juga gw denger laki gw ngomong gitu :-D

Ntar kalo udah bisa bahasa Indonesia, bisa deh mulai dilatih bahasa Manado nya, hahahahaha


4 comments:

Lesca Boma said...

hehehe..., abis bahasa menado, bahasa jawa ya sus.... :D

met hari minggu yaaa.... :D

Unknown said...

kalo gw gak telaten Sus ngajarinnya. Musti latihan nih dng elu :-)

Susy Masengi-Saunders said...

Lesca : jeng, kalo bhs jawa situ yg ngajarin ya... sekalian akunya juga :D

Emi : aslinya gw jua gak telaen Mi, cuma gw bilng kl dia bisa jawab pertanyaan gw, gw kasih kiss, jadi semangat dianya LOL

Titut said...

LOL, remind me of huby Jas. Dia skg. dah angot2an belajar Indo soale dia gak begitu bagus sm bahasa, dia lbh ke itung2an. Kadang kl lg semangatnya 45 bisa ampe beli how to learn bahasa yg buat NASA but lg2 hrs pake mood. Aku sih biarin aja deh, yg penting komunikasi lancar, kl dipaksa ntar malah gak keruan, right? Bokapnya n adiknya malah lebih jago Indonya sampe buat gw surprise surprise ,,, soalnya bis abuat kalimat padahal cuma 1 minggu di Bali. Hebat euy!

Sampe skg yg Jas bisa omong cuma, selamat pagi (tp jadi 'paji' LOL), siang, malam, datang (d/ ng-nya yg lucu LOL). Terus favorit-nya dia 'DIAM' sambil pake jurus kungfu gak jelas LOL.

Dasar bule gila LOL