My Precious Daughter

Lilypie - Personal pictureLilypie Second Birthday tickers

Wednesday, March 9, 2011

Kia Kaha Christchurch!

"Kia Kaha" tuh bahasa Maori yang artinya "be strong". Kalimat ini sekarang lagi banyak dipake di NZ, buat menunjukkan  support seluruh NZ ke Christchurch.  Video ini dari salah satu temen gw yg kebetulan tinggal di daerah yg "lumayan" berasa dampak gempa kemarin. "Christchurch is down, but it's definately not out. Tell the world." itu yang dia tulis waktu published video ini.


Sampe sekarang gw suka terkagum2 gimana begitu banyak org yg kerja keras / menawarkan jasanya secara gratis buat ngebantu orang2 di Christchurch. Ada page di fesbuk & website lain yang menawarkan tempat2 mengungsi sementara ato holiday house dari seluruh penjuru NZ malah ada juga dari OZ, buat orang2 dari Christchurch yang mau sekedar "melepaskan stress" gara2 aftershocks yang masih ada aja.
Banyak yang nawarin kamar ato ruang kosong di rumahnya buat mereka yg gak punya rumah lagi, secara gratis ke orang2 yg gak mereka kenal. 

Gw terharu banget ngeliat besarnya support yg dikasih ke warga Christchurch. Salah satunya datang dari temennya Malc yg tinggal di Auckland. Udah bertahun2 mereka gak ketemu (malah gw gak pernah denger namanya, jadi kebayang kan berapa lama mereka gak kontak?), tau2 minggu lalu dia nelpon ke rumah, nawarin kita rumah ortunya kalo kita mo holiday ninggalin Chch sejenak (rumahnya bisa dipake selama 3 minggu gitu). Kata dia ortunya mo holiday, jadi rumahnya gak gak ditempatin & ortunya udah setuju kalo ada org dr Chch yg mo liburan keluar Chch bisa nempatin rumah mereka selama 3 minggu FREE!!
Surprise kan? Gw ngerasa di Indo aja yg katanya rasa kekeluargaannya kental banget, gak segitu2nya kali ya.

Gw liat di TV, orang2 tua (diatas 65thn) dari kota lain (sekitar 4-5 jam driving dari Chch) dari satu organisasi sengaja datang ke Chch buat ngebantu orang2 bersihin rumah yg banyak kemasukan lumpur & air kotor. Itu kan kerja fisik, mereka yg diinterview udah diatas 70thn semua umurnya, laki2 & perempuan lho! Tapi mereka masih kuat & waktu ditanya, koq elu datang jauh2 buat ngelakuin ini, bukannya elu udah waktunya istirahat & malah dibantu ama org lain? Mereka bilang, mereka emang udah pensiun karna umur mereka, tapi mereka gak bisa cuma tinggal diam di rumahnya ngeliat di TV orang2 di Chch kesusahan. Mereka masih bisa bantu & ini yg bisa mereka bantu, jadi harus dilakuin. Salut bener2 deh gw, sampe gw bilang ke Malcolm, gw ngerasa useless bener deh, gw yg masih muda gak bisa ikutan bantu2 gitu. Malcolm juga ngerasa gitu, tapi karna dia harus kerja & gw mesti jaga Kimberley jadi kita gak bisa bantu secara fisik deh :(

Salah seorang ibu (udah senior juga, umurnya diatas 65thn gitu deh) di suburb gw ngumpulin cucian dari keluarga2 yg sampe skrg belum punya air & listrik (daerah yg parah banget kenanya) & disalurkan ke rumah2 yg mo bantuin nyuci. Gw telpon si ibu itu, and udah 2x dapet jatah nyuci. Gw sih bilang ke dia, pokoknya selama masih ada yg butuh, gw ikutan terus deh nyuci2 ini, cuma itu yg bisa gw bantu soalnya. Ampir setiap hari dia ke sana & ngambilin baju2 kotor sebanyak2nya yg bisa dia bawa ama mobilnya & balikin baju2 yg udah dikembaliin ama yg bantuin nyuci.

Menurut Perdana Menteri nya NZ, kira2 10000 rumah harus dihancurkan karna gak bisa ditinggalin lagi& ada beberapa suburbs yg gak bisa dibangun lagi karna liquefaction :(

Gw cuma bisa berdoa biar Tuhan menunjukkan kasihNya & mujizat terjadi di Chch sehingga semua bisa cepat selesai & gak ada lagi gempa atau aftershocks yg bikin semua warga gak tenang & gak bisa tidur (termasuk gw, makanya udah jam 2 malam masih aja melek hiks...hiks..hiks...)


No comments: