My Precious Daughter

Lilypie - Personal pictureLilypie Second Birthday tickers

Monday, February 2, 2009

My Pregnancy This Week -- 25 Weeks

The baby now weighs nearly 660 grams and is approximately 35 centimetres long from crown to heel. He makes breathing movements but has no air in his lungs yet.Your baby is responsive to touch now. You can have fun with him by trying to tickle his foot when he kicks you or by lying on your back and rolling from side to side, to see how he reacts. His eyelids will open around now and his heart is beating so strongly, it may be heard with just a stethoscope. As your baby grows you may feel some aches and pains as your body adjusts to accommodate him. Even your centre of gravity changes along with your body shape.
Your back, your legs, your head! Hormone surges and the extra weight you're carrying can make you ache all over. Your body is doing an amazing job and there are bound to be some knock-on effects. Take heart, it will all be worth it

Udah 25 minggu, tinggal 15 minggu lagi kalo si Junior bener2 on time, tapi banyak yg bilang anak pertama biasanya early, so... kira2 3 bln lagi lah... Gak terasa, udah makin deket aja.
Symptoms yg dibilang soal sakit belakang, kaki & kepala, udah mulai berasa nih, pokoknya skrg gw kalo nonton tv atau naik mobil jarak jauh, dialasin bantal di belakang biar gak pegel, serasa jadi oma2 aja :-D
Satu lagi yg berubah udah 1 minggu ini, gw kalo tidur skrg jadi ngorok! :-( Sedih, soalnya si Malc juga jadinya gak bisa tidur, mana dia termasuk yg type org yg light sleeper, alias denger suara dikiiiiiiiiiitt aja pasti kebangun. Pagi2 kalo mo kerja tuh dia kayaknya kecapean & ngantuk banget gara2 malamnya gak bisa tidur, udah 2 hari gw maksain mo tidur di kamar tidur tamu aja di bawah, biar dia bisa tidur, tapi dia gak mau, maunya tetep barengan, aduuuuhhh... bukannya kenapa2, gw kasian banget liat dia kayak gak ada energy gitu. Akhirnya terpaksa hari ini dia ijin sakit gak ngantor, sakit kepala gara2 gak bisa tidur udah berhari2 :-( Tapi tetep dia gak mau kalo gw pindah tidur buat sementara. Akhirnya karna gw ngotot, dia ngalah, dia bilang kalo ntar malam dia kebangun terus & gak bisa tidur, dia yg pindah tengah malam, tapi tetep mulai tidur mesti di tempat tidur yg sama. OK lah... gw pikir. Gw nyuruh dia bangunin gw kalo gw ngorok, tapi kata dia kasian, elu udah tidur enak, masa gw bangunin cuma gara2 itu. Maksud gw, biar gw ganti posisi, kayaknya kalo tidur nyamping gak ngorok, cuma gw pasti kan balik2, jd kl pas telentang, mulai deh suara gergaji keluar hehehe....
Nyari2 info dari Baby Center, ternyata itu emang termasuk normal :-(
Ini penjelasannya

As you enter your second trimester you may find yourself snoring for the first time in your life. While you -- and your partner -- may be less than thrilled about this new development, take heart, because there's a good chance that you'll stop snoring after your baby is born. The cause of your midnight melodies is swollen nasal passages. During pregnancy, an increase in progesterone may cause the soft tissues of the nasal passages to swell and partially block the airways.

Another possible explanation is that if your airways are naturally narrow or if you have extra tissue in the back of your throat, any pregnancy-induced swelling or fluid retention can block your airways.

According to a sleep survey, about 30 per cent of mums-to-be start to snore during this time. If you have a severe nasal blockage, then you risk developing sleep apnoea, which is characterised by loud snoring and periods of arrested breathing.

So far, yg bener2 ngeganggu banget seh masalah itu dia, buat gw & buat Malc juga. Bingung, gimana cara ngilangin nya ya....

Well.. that's all about bad news, back to the good news, gw & Malc skrg mulai rajin belanja2 buat keperluan kamar baby. Si kamar udah selesai di cat ama Malcolm, kita ambil warna biru mudaaaaa banget, lebih muda dari blue sky, jadi masih netral lah, bisa buat ce or co. Mulai liat2 tempat tidur baby buat di kamarnya (kalo tempat tidur baby buat travelling malah udah beli duluan 3 minggu lalu, yg dipikirin duluan malah gimana kalo kita mo travel nanti pas si baby udah lahir & masih kecil banget, secara gw pengen banget bawa Junior ke Indo nanti sekitar Agustus or September, tergantung kesehatan & berkatnya seh ;-) )udah mulai juga nyicil2 beli seprei & baju2. Mau nyari baju winter lagi susah, karna sekarang lagi summer, pdhal nanti pas Junior lahir udah masuk winter. Jadi paling yg dibeli baju2 tidur dulu. Nappies juga udah mulai dicicil. Rencananya dlm minggu ini gw mo pergi ama Steph (istri boss nya Malc yg kebetulan designer interior & landsekap) ke tempat langganannya buat liat2 gorden untuk kamar baby, sekalian dekorasi2 lainnya.
Nanti malam juga kita ke antenatal class yg pertama di Christchurch Woman Hospital. Gw udah book buat melahirkan di situ, jadi sengaja waktu awal hamil daftar buat antenatal class juga di situ aja, biar nanti sekalian ikutan tour nya untuk liat2 maternity ward nya. Antenatal class nya 6 minggu, gw ambil tiap hari Senin malam jam 7-9.

Gw & Malc makin excited aja, penasaran kayak apa nanti malam antenatal class nya :-)

4 comments:

Unknown said...

wah, wah, seneng banget gw baca info dan tips2 dari elu Sus. What I will be expecting next hehehe. Gw baru tahu kalo nappies udah musti di stock dari jauh yah?

Susy Masengi-Saunders said...

Itu juga gw dikasih saran ama temen2, mulai beli nyicil2, apalagi kalo ada yg lagi special, beli aja, jgn ngerasa masih jauh terus kata mereka seh. Soalnya kao nunggu udah deket baru beli sekalian, berasa boooo... bener juga seh, soalnya semua serba mahal sekarang hehehe

Anonymous said...

jadi inget, hubby gw juga pernah ngerekam suara ngorok gw pas hamil benaia.
rasaynya ga percaya deh...

hihihi :-p

sehat terus ya jeng....
gbu!

Susy Masengi-Saunders said...

hahahaha... tadinya juga gak percaya waktu si kang mas bilang gw ngorok, dia bilang nar dia rekam deh, aduuuhhh... untung gak direkam ya, bisa shock dengernya nanti :-))

makasih ya bu...
gbu 2